Rabu, 25 Juli 2012

25 Juli 2012

KONSEP DASAR DATABASE
Sebelum memulai mendesain dan membangun database dengan menggunakan program aplikasi database Ms. Access
Pengertian Database:
 1.Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula.
 2.Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan,   yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakanmetode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimalyang dibutuhkan oleh para penggunaBanyak sekali kegiatan manusia yang menggunakan komputer sebagai sarana pengolahan data, sehingga diperlukan suatu perangkat lunak database. Jika dikajilebih mendasar tentang batasan suatu database, maka dapat disebutkan bahwa segala bentuk koleksi data adalah suatu database. Mulai dari kelompok data pegawai, sampaidengan kelompok file, merupakan database.
Sebelum terbentuk menjadi sebuah database, data tersebut memiliki bagian - bagian ter sendiri yang terdiri dari:
Data terkecil yang berupa huruf atau angkaKumpulan dari beberapa charakter Kumpulan dari beberapa fieldKumpulan dari beberapa recordKumpulan dari beberapa file character field record file database
 Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula.2.
 Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakanmetode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimalyang dibutuhkan oleh para penggunaBanyak sekali kegiatan manusia yang menggunakan komputer sebagai sarana pengolahan data, sehingga diperlukan suatu perangkat lunak database. Jika dikajilebih mendasar tentang batasan suatu database, maka dapat disebutkan bahwa segala bentuk koleksi data adalah suatu database. Mulai dari kelompok data pegawai, sampaidengan kelompok file, merupakan database.
Definisi dasar struktur database :
 Data : sekumpulan fakta mengenai objek tertentu, orang dan lain-lain yang dinyatakandengan angka, huruf, gambar, film, suara dan sebagainya yang relevan dan belummempunyai arti.Informasi : hasil pengolahan data yang konkrit dan sudah mempunyai arti untuk mencapai suatu tujuan tertentu.Tabel : merupakan hal yang paling mendasar dalam hal penyimpanan data yang terdiridari field dan record.Field (kolom) : merupakan elemen dari tabel yang berisikan informasi tertentu yangspesifik tentang subjudul tabel pada sebuah item data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar